BlogPendidikan.net - Asesmen Nasional mengukur dua macam literasi, yaitu Literasi Membaca dan Literasi Matematika (atau Numerasi). Keduanya dipilih sebab merupakan kemampuan atau kompetensi yang fundamental dan diharapkan oleh semua murid, terlepas dari profesi dan citacitanya di kala depan. Literasi dan numerasi juga ialah kompetensi yang perlu dikembangkan secara lintas mata pelajaran.
Kemampuan membaca yang diukur lewat AKM Literasi sebaiknya dikembangkan tidak cuma melalui pelajaran Bahasa Indonesia, tetapi juga pelajaran agama, IPA, IPS, dan pelajaran lainnya. Kemampuan berpikir logis-sistematis yang diukur lewat AKM Numerasi juga semestinya dikembangkan lewat aneka macam pelajaran. Dengan mengukur literasi dan numerasi, Asesmen Nasional mendorong guru semua mata pelajaran untuk berkonsentrasi pada pengembangan kompetensi membaca dan berpikir logis sistematis.
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dikerjakan untuk mengukur literasi membaca dan numerasi murid. Pengertian minimum untuk memberikan literasi membaca dan numerasi ialah kompetensi yang setidak-tidaknya harus dimiliki untuk seseorang dapat berfungsi secara produktif dalam kehidupan.
Konten yang diukur bersifat esensial serta berkesinambungan lintas kelas maupun jenjang. Tidak semua konten pada kurikulum diujikan. Istilah minimum juga memaknai bahwa konten yang diukur bukanlah seluruh konten pada kurikulum tetapi konten yang esensial.
Berikut teladan soal latihan AKM Numerasi dan Literasi :
Sekolah Dasar Kelas 6 Contoh Soal Numerasi :
A. Bilangan
1. Representasi
- Memahami bilangan lingkaran, terutama bilangan bundar negatif. (4 Soal) : CONTOH SOAL
- Menyatakan bilangan desimal dengan dua angka di belakang koma dan persentase dalam bentuk bagian, atau sebaliknya. (4 Soal) : CONTOH SOAL
- Mengetahui posisi bilangan desimal dengan dua angka di belakang koma pada garis bilangan serta posisi bilangan bundar tergolong bilangan lingkaran negatif (4 Soal) : CONTOH SOAL
2. Sifat Urutan
- Mengurutkan beberapa bilangan yang dinyatakan dalam bentuk berlawanan. (3 Soal) : CONTOH SOAL
3. Operasi
- Menghitung hasil penjumlahan/penghematan/perkalian/pembagian bagian atau bilangan desimal, termasuk menjumlah kuadrat dan kubik dari sebuah bilangan desimal dengan satu angka di belakang koma. Serta Operasi pada bilangan lingkaran termasuk bilangan bulat negatif (12 Soal) : CONTOH SOAL
B. Geometri dan Pengukuran
1. Bangun Geometri
- Menghitung luas bangun datar (mungkin komposit). (1 Soal) : CONTOH SOAL
- Mengenal limas, kerucut, dan bola (1 Soal) : CONTOH SOAL
2. Pengukuran
- Mengenal dan menggunakan satuan kecepatan dan debit. (5 Soal) : CONTOH SOAL
C. Aljabar
- Persamaan dan Pertidaksamaan Menyelesaikan persamaan linier 1 variabel (misal 2x + 3 = 7). (8 Soal) : CONTOH SOAL
- Relasi dan Fungsi (termasuk Pola Bilangan) Menentukan suku ke-n pada sebuah acuan bilangan sederhana. (1 Soal) : CONTOH SOAL
- Rasio dan Proporsi Menggunakan rasio/skala untuk menentukan nilai/bilangan yang tidak diketahui. (1 Soal) : CONTOH SOAL
D. Data dan Ketidakpastian
1. Data dan Representasinya
- Membaca (= memetik gosip dari) data yang disajikan dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran (termasuk pula cara pengumpulan data dan cara penyajiannya) (3 Soal) : CONTOH SOAL
SD Kelas 5 - 6 Contoh Soal Literasi :
A. Menemukan Informasi
Mengakses dan mencari berita dalam teks
- Menemukan isu tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks isu yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (10 Soal) : CONTOH SOAL
B. Memahami
1. Memahami teks secara literal
- Mengidentifikasi pergantian dalam elemen intrinsik (insiden/huruf/setting/pertentangan/alur dongeng) pada teks sastra sesuai jenjangnya. (6 Soal) : CONTOH SOAL
2. Menyusun inferensi, menciptakan koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak
- Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain seperti latar kisah, peristiwa-kejadian dalam dongeng menurut info rinci di dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (4 Soal) : CONTOH SOAL
- Menyusun inferensi (kesimpulan) menurut unsur-unsur penunjang (grafik, gambar, tabel, dll) di dalam teks sastra atau teks isu sesuai jenjangnya. (2 Soal) : CONTOH SOAL
- Membandingkan hal-hal utama (misalnya huruf tokoh atau bagian intrinsik lain) dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal) : CONTOH SOAL
C. Mengevaluasi dan merefleksi
1. Menilai format penyuguhan dalam teks
- Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks gosip yang terus meningkat sesuai sesuai jenjangnya. : CONTOH SOAL
2. Merefleksi isi perihal untuk pengambilan keputusan, memutuskan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman langsung
- Merefleksi wawasan gres yang diperoleh dari teks sastra atau teks informasi terhadap pengetahuan yang dimiliknya yang terus berkembangsesuai jenjangnya. (1 Soal) : CONTOH SOAL
Demikian wacana pola soal dan latihan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi dan Literasi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Ikuti BlogPendidikan.net pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan isu terupdate perihal guru dan pendidikan) Klik tanda ☆ (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.
Sumber https://www.blogpendidikan.net/
Thanks for reading Pola Soal Latihan Akm Numerasi Dan Literasi
No comments:
Post a Comment