Saturday, October 16, 2021

5 Tahapan Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik

October 16, 2021
Langkah-langkah tersebut dapat disertakan dengan mencipta. Tahapan pendekatan saintifik tidak mesti dilakukan secara urut, akan tetapi mampu dilaksanakan sesuai dengan pengetahuan yang mau dipelajari. 

Berikut ini penjabaran 5 tahapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik :

1. Mengamati

Merupakan acara mengidentifikasi suatu objek melalui penginderaan, ialah lewat indera penglihat (membaca, menyimak), pembau, pendengar, pencecap dan peraba pada saat mengamati sebuah objek memakai ataupun tidak menggunakan alat bantu sehingga siswa dapat mengidentifikasi sebuah persoalan.

2. Menanya

Merupakan acara mengungkapkan suatu hal yang ingin diketahuinya baik yang berkenaan dengan sebuah objek, peristiwa, sebuah proses tertentu. Pertanyaan dapat diajukan secara ekspresi maupun goresan pena dan dapat berbentukkalimat pertanyaan atau kalimat hipotesis sehingga siswa mampu merumuskan problem dan hipotesis.

3. Mengumpulkan data

Merupakan acara mencari gosip sebagai bahan untuk dianalisis dan disimpulkan. Kegiatan ini mampu dijalankan dengan membaca buku, pengamatan lapangan, uji coba, wawancara, membuatkan kuesioner, dan lain-lain, sehingga siswa mampu menguji hipotesis yang sudah dibentuk sebelumnya.

4. Mengasosiasi

Merupakan mengolah data dalam serangkaian kegiatan fisik dan fikiran dengan tunjangan peralatan tertentu. Pengolahan data mampu dijalankan dengan klasifikasi, mengurutkan, menghitung, membagi, dan menyusun data dalam bentuk yang lebih informatif, serta menentukan sumber data sehingga lebih berarti. Bentuk pembuatan data contohnya tabel, grafik, skema, peta desain, menjumlah, dan pemodelan. Selanjutnya siswa menganalisis data untuk membandingkan ataupun menentukan korelasi antara data yang telah diolahnya dengan teori yang ada sehingga dapat ditarik sebuah final.

5. Mengkomunikasikan

Merupakan acara siswa dalam mendeskripsikan dan menyampaikan hasil temuannya dari kegiatan memperhatikan, menanya, menghimpun dan mengolah data, serta mengasosiasi yang ditujukan kepada orang lain baik secara ekspresi maupun tulisan dalam bentuk diagram, skema, gambar, dan sejenisnya dengan pertolongan perangkat teknologi sederhana dan atau teknologi isu dan komunikasi. 

Sumber https://www.blogpendidikan.net/

Thanks for reading 5 Tahapan Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik

Related Posts

Your Comments

No comments:

Post a Comment

Labels

Labels

Labels

Copyright © Blog Pendidikan. All rights reserved. Template by CB Blogger