Langkah-langkah tersebut dapat disertakan dengan mencipta. Tahapan pendekatan saintifik tidak mesti dilakukan secara urut, akan tetapi mampu dilaksanakan sesuai dengan pengetahuan yang mau dipelajari.
Sumber https://www.blogpendidikan.net/
Berikut ini penjabaran 5 tahapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik :
1. Mengamati
Merupakan acara mengidentifikasi suatu objek melalui penginderaan, ialah lewat indera penglihat (membaca, menyimak), pembau, pendengar, pencecap dan peraba pada saat mengamati sebuah objek memakai ataupun tidak menggunakan alat bantu sehingga siswa dapat mengidentifikasi sebuah persoalan.
2. Menanya
Merupakan acara mengungkapkan suatu hal yang ingin diketahuinya baik yang berkenaan dengan sebuah objek, peristiwa, sebuah proses tertentu. Pertanyaan dapat diajukan secara ekspresi maupun goresan pena dan dapat berbentukkalimat pertanyaan atau kalimat hipotesis sehingga siswa mampu merumuskan problem dan hipotesis.
3. Mengumpulkan data
Merupakan acara mencari gosip sebagai bahan untuk dianalisis dan disimpulkan. Kegiatan ini mampu dijalankan dengan membaca buku, pengamatan lapangan, uji coba, wawancara, membuatkan kuesioner, dan lain-lain, sehingga siswa mampu menguji hipotesis yang sudah dibentuk sebelumnya.
4. Mengasosiasi
Merupakan mengolah data dalam serangkaian kegiatan fisik dan fikiran dengan tunjangan peralatan tertentu. Pengolahan data mampu dijalankan dengan klasifikasi, mengurutkan, menghitung, membagi, dan menyusun data dalam bentuk yang lebih informatif, serta menentukan sumber data sehingga lebih berarti. Bentuk pembuatan data contohnya tabel, grafik, skema, peta desain, menjumlah, dan pemodelan. Selanjutnya siswa menganalisis data untuk membandingkan ataupun menentukan korelasi antara data yang telah diolahnya dengan teori yang ada sehingga dapat ditarik sebuah final.
5. Mengkomunikasikan
Merupakan acara siswa dalam mendeskripsikan dan menyampaikan hasil temuannya dari kegiatan memperhatikan, menanya, menghimpun dan mengolah data, serta mengasosiasi yang ditujukan kepada orang lain baik secara ekspresi maupun tulisan dalam bentuk diagram, skema, gambar, dan sejenisnya dengan pertolongan perangkat teknologi sederhana dan atau teknologi isu dan komunikasi.
Thanks for reading 5 Tahapan Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik
No comments:
Post a Comment