BlogPendidikan.net - Metode dalam pembelajaran tidak hanya berfungsi selaku cara untuk menyampaikan bahan saja, alasannya adalah sumber berguru dalam kegiatan pembelajaran mempunyai tiga cakupan yang luas ialah disamping selaku penyampai gosip juga mempunyai tugas untuk mengurus acara pembelajaran sehingga warga belajar mampu belajar untuk mencapai tujuan secara cepat.
Berikut 11 tata cara pembelajaran dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya :
1. Metode Ceramah
Metode ceramah yakni penuturan bahan pelajaran secara ekspresi. Metode ini tidak senantiasa buruk jika penggunaannya betul-betul disiapkan dengan baik, disokong dengan alat dan media, serta mengamati batasan kemungkinan penggunaannya.
Kelebihan tata cara ceramah :
- Guru lebih menguasai kelas
- Praktis mengorganisasikan daerah duduk/kelas
- Dapat dibarengi oleh jumlah siswa yang besar
- Mudah menyiapkan dan melaksanakannya
- Guru mudah membuktikan pelajaran dengan baik.
- Praktis menjadi verbalisme (pemahaman kata-kata)
- Yang visual menjadi rugi, yang auditif (mendengar) lebih biasa mendapatkan
- Membosankan jikalau selalu digunakan dan terlalu usang
- Sukar menyimpulkan siswa mengerti dan tertarik padaceramahnya
Metode Tanya Jawab adalah tata cara mengajar yang memungkinkan terjadinya komunikasi langsung yang bersifat ywo way traffic, sebab pada saat yang serupa terjadi obrolan antara guru dan siswa. Guru mengajukan pertanyaan siswa menjawab atau siswa bertanya guru menjawab. Dalam komunikasi ini tampakadanya kekerabatan timbal balik secara langsung antara guru dengan siswa.
Kelebihan tata cara tanya jawab :
- Pertanyaan mampu menarik dan memusatkan perhatian siswa
- Merangsang siswa untuk melatih dan menyebarkan daya pikir, tergolong daya kenangan.
- Mengembangkan keberanian dan keahlian siswa dalam menjawab dan mengemukakan pendapat.
- Siswa merasa cemas jikalau guru kurang mampu mendorong siswa untuk berani dengan menciptakan suasana yang tidak tegang
- Tidak gampang menciptakan pertanyaan yang sesuai dengan tingkat berpikir dan mudah dimengerti siswa
- Sering mencampakkan banyak waktu
- Kurangnya waktu untuk memberikan pertanyaan terhadap seluruh siswa.
Metode diskusi yakni bertukar gosip, beropini, dan komponen-unsur pengalaman secara terstruktur dengan maksud untuk menerima pemahaman bersama yang lebih terang dan lebih cermat tentang problem atau topik yang sedang dibahas.
Kelebihan tata cara diskusi :
- Merangsang kreatifitas anak asuh dalam bentuk ide, gagasan, prakarsa dan terobosan baru dalam pemecahan dilema
- Mengembangkan perilaku saling menghargai pendapat orang lain
- Memperluas pengetahuan
- Membina untuk terbiasa musyawarah dalam memecahkan sebuah dilema.
- Membutuhkan waktu yang panjang
- Tidak dapat digunakan untuk golongan yang besar
- Peserta mendapat gosip yang terbatas
- Dikuasai orang-orang yang suka berbicara atau ingin menonjolkan diri.
Demonstrasi yang dimaksud disini adalah sebuah tata cara mengajar yang memberikan bagaimana proses terjadinya sesuatu. Metode ini dilakukkan dengan cara memperagakan barang, peristiwa, aturan, dan urutan melakukan suatu acara, baik secara pribadi maupun melalui penggunaan media pengajaran yang berkaitan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang dihidangkan.
Kelebihan tata cara demonstrasi :
- Menghindari verbalisme
- Siswa lebih gampang mengetahui apa yang dipelajari
- Proses pengajaran lebih mempesona
- Siswa dirangsang untuk aktif mengamati, menyesuaikan antara teori dengan kenyataan dan menjajal melakukannya sendiri.
- Memerlukan keterampilan guru secara khusus
- Kurangnya kemudahan
- Membutuhkan waktu yang usang.
Metode Eksperimen, metode ini bukan sekedar tata cara mengajar namun juga merupakan satu tata cara berfikir, alasannya adalah dalam Eksperimen dapat memakai metode yang lain dimulai dari menawan data hingga mempesona kesimpulan.
Kelebihan sistem eksperimen :
- Membuat siswa lebih yakin atas kebenaran atau kesimpulan menurut percobaan
- Membina siswa menciptakan terobosan gres
- Hasil percobaan yang berharga mampu dimanfaatkan untuk kemakmuran umat manusia.
- Cenderung sesuai bidang sains dan teknologi
- Kesulitan dalam kemudahan
- Menuntut kecermatan, ketabahan, dan ketabahan
- Setiap percobaan tidak selalu menawarkan hasil yang diperlukan.
Metode latihan yakni suatu teknik mengajar yang mendorong siswa untuk melakukan aktivitas latihan supaya memiliki ketangkasan atau keterampilan yang lebih tinggi dari apa yang dipelajari
Kelebihan metode latihan :
- Untuk memperoleh kecakapan motoris
- Untuk menemukan kecakapan mental
- Untuk memperoleh kecakapan dalam bentuk perkumpulan yang dibentuk
- Pembentukan kebiasaan serta memperbesar ketepatan dan kecepatan pelaksanaan
- Pemanfaatan kebiasaan yang tidak membutuhkan konsentrasi
- Pembentukan kebiasaaan yang lebih otomatis
- Menghambat bakat dan inisiatif siswa
- Menimbulkan pembiasaan secara statis terhadap lingkungan
- Monoton, mudah membosankan
- Membentuk kebiasaan yang kaku
- Dapat mengakibatkan verbalisme
Metode resitasi adalah metode penyajian bahan di mana guru menawarkan peran tertentu supaya siswa melaksanakan kegiatan mencar ilmu. Biasanya guru memberikan peran berupa resume dengan menggunakan kalimat sendiri dari materi yang telah dipelajari.
Kelebihan tata cara resitasi :
- Merangsang siswa dalam melakukan acara belajar baik individual maupun golongan
- Dapat menyebarkan kemandirian
- Membina tanggung jawab dan disiplin siswa
- Mengembangkan kreatifitas siswa.
- Sulit dikontrol
- Khusus peran golongan yang aktif siswa tertentu
- Sulit menawarkan tugas yang cocok perbedaan individu
- Menimbulkan kebosanan.
Melalui metode ini siswa-siswa diajak mendatangi tempat-tempat tertentu di luar sekolah. Tempat-daerah yang akan dikunjungi dan hal-hal yang perlu diamati telah direncanakan terlebih dahulu, dan sehabis acara siswa diminta membuat laporan.
Kelebihan metode karyawisata :
- Memiliki prinsip pengajaran modern dengan mempergunakan lingkungan aktual
- Membuat relevansi antara apa yang dipelajari dengan kebutuhan di penduduk
- Merangsang kreatifitas siswa
- Bahan pelajaran lebih luas dan konkret.
- Kurangnya kemudahan
- Perlu perencanaan yang matang
- Perlu koordinasi supaya tidak tumpah tindih waktu
- Mengabaikan unsur studi
- Kesulitan mengatur siswa yang banyak
Metode tata cara regu (team teaching), merupakan metode mengajar dua orang guru atau lebih berhubungan mengajar suatu golongan siswa, jadi kelas dihadapi beberapa guru. Sistem regu banyak macamnya, sebab untuk satu regu tidak selalu guru secara formal saja, tetapi dapat melibatkan orang-orang luar yang dianggap perlu sesuai dengan keahlian yang kita butuhkan.
10. Metode Sosiodrama
Metode yang dipakai untuk mengajarkan nilai-nilai dan memecahkan problem- masalah yang dihadapi dalam hubungan sosial dengan orang-orang di lingkungan keluarga, sekolah maupun penduduk . Dalam pelaksanaannya siswa diberikan tugas tertentu dan melakukan peran tersebut serta mendiskusikannya di kelas.
Kelebihan metode sosiodrama :
- Melatih siswa untuk melatih, memahami dan mengenang isi materi yang mau didramakan
- Melatih siswa memiliki gagasan dan berkreatif
- Memupuk bakat
- Menumbuhkan dan membina kerjasama
- Mendapat kebiasaan untuk membagi tanggung jawab
- Membina tata bahasa siswa
- Kurang inovatif bagi anak yang tidak ikut dalam drama
- Banyak mengkonsumsi waktu
- Memerlukan daerah yang luas
- Mengganggu kelas lain alasannya gaduh.
Metode simulasi, simulasi berasal dari kata simulate yang artinya pura-pura atau berbuat seakan-akan. Kata simulasition artinya tiruan atau tindakan yang akal-akalan. Dengan demikian, simulasi dalam metode mengajar dimaksud selaku cara untuk menjelaskan sesuatu (materi pelajaran) melalui proses tingkah laku artifisial atau bermain peran perihal sebuah tingkah laris yang dijalankan seperti dalam keadaan yang bahu-membahu.
Kelebihan Metode Simulasi :
- Simulasi mampu dijadikan sebagai bekal bagi siswa dalam menghadapi suasana yang bahwasanya kelak; baik dalam kehidupan keluarga, penduduk , maupun menghadapi dunia kerja
- Simulasi mampu membuatkan krwativitas siswa, sebab melalui simulasi siswa diberi kesempatan untuk memainkan peranan sesuai dengan topik yang disimulasikan
- Simulasi dapat memupuk keberanian dan percaya diri siswa
- Memperkaya wawasan, perilaku dan kemampuan yang diharapkan dalam menghadapi banyak sekali situasi sosial yang problematis
- Simulasi dapat mengembangkan gairah siswa dalam proses pembelajaran.
- Pengalaman yang diperoleh melalui simulasi tidak senantiasa sempurna dan sesuai dengan kenyataan di lapangan
- Pengelolaan yang kurang baik. sering simulasi dijadikan sebagai alat hiburan, sehingga tujuan pembelajaran menjadi terabaikan
- Faktor psikologis seperti rasa malu dan takut sering menghipnotis siswa dalam melakukan simulasi.
Demikian tentang 11 Metode Pembelajaran dengan Kelebihan dan Kekurangannya, biar bermanfaat dan terima kasih.
Rujukan :
Academia.edu
Sumber https://www.blogpendidikan.net/
Thanks for reading 11 Sistem Pembelajaran Dengan Kelebihan Dan Kekurangannya
No comments:
Post a Comment