BlogPendidikan.net - Pembelajaran menyenangkan adalah suatu proses pembelajaran yang berjalan dalam situasi yang menyenangkan dan mengesankan. Suasana pembelajaran yang menggembirakan dan berkesan akan menarik perhatian siswa untuk terlibat secara aktif, sehingga tujuan pembelajaran mampu diraih optimal. Di samping itu, pembelajaran yang menyenangkan dan berkesan akan menjadi hadiah, reward bagi peserta didik yang pada gilirannya akan mendorong motivasinya kian aktif dan berprestasi pada kegiatan belajar selanjutnya.
Ciri-ciri situasi belajar yang menyenangkan yakni :
- Rileks
- Bebas dari tekanan
- Aman
- Menarik
- Bangkitnya minat berguru
- Adanya keterlibatan sarat
- Perhatian penerima ajar tercurah
- Lingkungan belajar yang mempesona (contohnya, keadaan kelas jelas, pengaturan daerah duduk leluasa untuk peserta latih bergerak)
- Bersemangat
- Perasaan gembira
- Konsentrasi tinggi
Berikut 6 Kiat Menciptakan Kegiatan Pembelajaran Yang Menyenangkan yang mampu Anda terapkan dalam proses pembelajaran, ialah :
1. Menyapa siswa dengan ramah dan bergairah
Menciptakan permulaan yang berkesan yakni penting alasannya akan mensugesti proses selanjutnya. Jika mulanya baik, mempesona, dan memikat, maka proses pembelajaran akan lebih hidup dan menawarkan sapaan hangat kepada akseptor didik. Karena sapaan hangat dan raut paras cerah memantulkan energi faktual yang mampu mempengaruhi semangat akseptor asuh.
2. Menciptakan situasi rileks
Ciptakanlah lingkungan yang releks, yakni dengan membuat lingkungan yang nyaman. Oleh karena itu aturlah posisi tempat duduk secara terencana sesuai impian penerima didik. Selain itu, ciptakanlah situasi kelas dimana peserta latih tidak takut melakukan kesalahan.
3. Memotivasi siswa
Motivasi ialah sebuah desain utama dalam banyak teori pembelajaran. Motivasi ini sangatlah dikaitkan dengan dorongan, perhatian, kecemasan, dan umpan balik/penguatan.
Adanya dorongan dalam diri individu untuk belajar bukan hanya tumbuh dari dirinya secara eksklusif, namun mampu saja sebab rangsangan dari luar, contohnya berbentukstimulus model pembelajaran yang menarik memungkinkan tanggapanyang bagus dari diri penerima ajar yang mau berguru.
Respon yang bagus tersebut, akan berubah menjadi suatu motivasi yang berkembang dalam dirinya, sehingga dia merasa terdorong untuk mengikuti proses pembelajaran dengan penuh perhatian dan bersemangat .
4. Menggunakan Ice Breaking
Ice breaking ialah sentuhan aktivitas yang dapat digunakan untuk
memecahkan kebekuan, kegelisahan, kejemuan dan kebosanan suasana sehingga menjadi mencair dan situasi bisa kembali pada keadaan semula (lebih aman).
Jika sentuhan kegiatan ini diterapkan pada proses pembelajaran di kelas, maka besar kemungkinannya siswa kembali pada keadaan (semangat, motivasi, gairah belajar, kejemuan dan lain sebagainya) yang lebih baik.
Ice breaking mampu dijalankan dalam berbagai bentuk aktivitas, contohnya dalam bentuk dongeng lucu dan mempunyai arti dari guru, tebakan berhadiah, ataupun game-game. Aktivitas mampu dilakukan dalam waktu antara 5–15 menit tergantung pada kebutuhan.
Ice breaking mampu dikerjakan pada dikala kapan saja tergantung pada kondisi dan kebutuhan, serta mampu dilakukan oleh guru semua orang. Dalam pelaksanaannya memang memerlukan keahlian dan kreativitas guru, terutama dalam memilih aktivitas yang tepat sesuai dengan keperluan.
5. Menggunakan Metode yang Bervariatif
Metode adalah cara atau teknik untuk mencapai tujuan khusus tertentu. Karena dalam pembelajaran itu umumnya terdapat lebih dari satu tata cara yang digunakan. Meskipun intinya satu sistem bisa digunakan untuk meraih lebih dari satu tujuan, akan namun untuk pertimbangan variasi dan motivasi berguru siswa semestinya pembelajaran memakai sistem yang bermacam-macam.
Dengan tata cara yang bervariatif guru tidak cuma terpaku memakai satu sistem saja namun dapat melaksanakan beberapa metode seperti tata cara ceramah, selain itu sistem Tanya jawab, sistem diskusi, tata cara latihan, sistem demonstrasi dan eksperimen, metode karyawisata, tata cara kerja golongan. Dari satu metode guru mampu melaksanakan dengan hal yang berlawanan dan mesti lebih inovatif lagi.
6. Pemilihan Media Pembelajaran
Menentukan jenis media pembelajaran mesti diperhatikan dengan benar, yang hendak guru buat itu apakah semacam alat bantu guru dalam mengajar (presentasi) ke siswa atau kita arahkan untuk mampu dibawa pulang siswa untuk belajar berdikari di rumah atau sekolah.
Ikuti BlogPendidikan.net pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan isu terupdate wacana guru dan pendidikan). Klik tanda ☆ (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.
Thanks for reading 6 Tips Menciptakan Kegiatan Pembelajaran Yang Mengasyikkan

No comments:
Post a Comment