Tuesday, September 28, 2021

Ini 5 Kompetensi Profesional Guru Sd Yang Layak Dikenali

September 28, 2021
 Kompetensi Profesional Guru SD Yang Patut Diketahui Ini 5 Kompetensi Profesional Guru SD Yang Patut Diketahui

BlogPendidikan.net
- Kompetensi adalah kumpulan pengetahuan, perilaku, dan kemampuan yang mesti dimiliki guru untuk mencapai tujuan pembelajaran dan pendidikan. Kompetensi diperoleh lewat pendidikan, training, dan mencar ilmu mampu berdiri diatas kaki sendiri dengan mempergunakan sumber belajar 

Kompetensi Profesional

Kompetensi profesional merupakan kemampuan yang berkenaan dengan penguasaan materi pembelajaran bidang studi secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan substansi isi bahan kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materi kurikulum tersebut, serta memperbesar wawasan keilmuan sebagai guru.

Kompetensi Profesional Yang Harus Dimiliki Guru SD/MI :

1. Menguasai materi, struktur, konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Bahasa Indonesia
  • Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa.
  • Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia
  • Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia selaku acuan penggunaan bahasa Indonesia yang bagus dan benar
  • Memiliki keahlian berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
  • Memahami teori dan genre sastra Indonesia
  • Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara reseptif dan produktif.
Matematika
  • Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks bahan aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan nalar matematika
  • Mampu menggunakan matematisasi horizontal dan vertikal untuk menyelesaikan persoalan matematika dan duduk perkara dalam dunia positif
  • Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan persoalan matematika, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
  • Mampu memakai alat peraga, alat ukur, alat hitung, dan perabotan lunak komputer.
IPA
  • Mampu melaksanakan pengamatan tanda-tanda alam baik secara langsung maupun tidak langsung
  • Memanfaatkan desain-desain dan hukum-hukum ilmu wawasan alam dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari
  • Memahami struktur ilmu pengetahuan alam, tergolong hubungan fungsional antar desain, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA
IPS
  • Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi wawasan, nilai, dan kemampuan IPS
  • Mengembangkan bahan, struktur, dan rancangan keilmuan IPS
  • Memahami keinginan, nilai, desain, dan prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinnekaan penduduk Indonesia dan dinamika kehidupan global
  • Memahami fenomena interaksi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, kehidupan agama, dan kemajuan penduduk serta saling ketergantungan global.
PKn
  • Menguasai bahan keilmuan yang mencakup dimensi pengetahuan, perilaku, nilai, dan perilaku yang mendukung aktivitas pembelajaran PKn
  • Menguasai konsep dan prinsip kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta bela negara
  • Menguasai rancangan dan prinsip pertolongan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar
  • Menguasai konsep, prinsip, nilai, akhlak, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia.
2. Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.
  • Memahami patokan kompetensi lima mata pelajaran SD/MI.
  • Memahami kompetensi dasar lima mata pelajaran SD/MI
  • Memahami tujuan pembelajaran lima mata pelajaran Sekolah Dasar/MI.
3. Mengembangkan bahan pembelajaran yang diampu secara kreatif.
  • Memilih materi lima mata pelajaran SD/MI yang sesuai dengan tingkat kemajuan peserta didik
  • Mengolah bahan lima mata pelajaran SD/MI secara integratif dan inovatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta latih
4. Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
  • Melakukan refleksi kepada kinerja sendiri secara\terus menerus
  • Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka kenaikan keprofesionalan
  • Melakukan penelitian tindakan kelas untuk kenaikan keprofesionalan
  • Mengikuti perkembangan zaman dengan berguru dari berbagai sumber
5. Memanfaatkan teknologi isu dan komunikasi untuk berkomunikasi dan membuatkan diri.
  • Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi
  • Memanfaatkan teknologi gosip dan komunikasi untuk pengembangan diri
Ikuti BlogPendidikan.net pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan info terupdate ihwal guru dan pendidikan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Sumber https://www.blogpendidikan.net/

Thanks for reading Ini 5 Kompetensi Profesional Guru Sd Yang Layak Dikenali

Related Posts

Your Comments

No comments:

Post a Comment

Labels

Labels

Labels

Copyright © 2025 Blog Pendidikan. All rights reserved. Template by CB Blogger