Wednesday, September 29, 2021

Langkah-Langkah Evaluasi Sikap Dan Indikator Evaluasi

September 29, 2021
langkah Penilaian Sikap dan Indikator Penilaian Langkah-langkah Penilaian Sikap dan Indikator Penilaian

BlogPendidikan.net
- Dalam proses pembelajaran evaluasi sangat menentukan dalam keberhasilan sebuah pembelajaran, selama proses berlangsung dengan menunjukkan penilaian dan evaluasi terhadap siswa baik evaluasi perilaku, wawasan dan keterampilan. Semua itu dikerjakan untuk menentukan tingkat capaian hasil belajar siswa.

Penilaian sikap adalah kegiatan untuk mengenali sikap penerima bimbing pada ketika pembelajaran dan di luar pembelajaran, yang dilaksanakan untuk training perilaku sesuai kebijaksanaan pekerti dalam rangka pembentukan abjad akseptor bimbing. 

Upaya untuk memajukan dan menumbuhkan sikap yang dibutuhkan sesuai dengan KI-1 dan KI-2 guru harus memberikan adaptasi dan training secara terus menerus baik dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Untuk mengenali perkembangannya guru mesti melaksanakan penilaian.

Lantas bagaimana langkah-langkan dalam proses penilaian dan indikator apa saja yang akan di nilai?

Langkah-langkah dalam perencanaan penilaian sikap yakni sebagai berikut :
  1. Menentukan sikap yang mau dikembangkan di sekolah mengacu pada KI-1 dan KI-2
  2. Menentukan indikator sesuai dengan kompetensi perilaku yang hendak dikembangkan. 
Penilaian sikap pada KI-1 beserta indikator-indikatornya yang mampu dikembangkan oleh sekolah selaku berikut :

A. Ketaatan Beribadah

Indikator :
  • perilaku patuh dalam melaksanakan anutan agama yang dianutnya
  • mau mengajak sobat seagamanya untuk melakukan ibadah bersama
  • mengikuti aktivitas keagamaan yang diselenggarakan sekolah
  • melaksanakan ibadah sesuai pedoman agama, contohnya: sholat, puasa
  • merayakan hari besar agama
  • melaksanakan ibadah sempurna waktu.
B. Berperilaku Syukur

Indikator :
  • sikap menerima perbedaan karakteristik selaku anugerah Tuhan
  • selalu mendapatkan penunjukkandengan sikap terbuka
  • bersyukur atas santunan orang lain
  • mengakui kebesaran Tuhan dalam membuat alam semesta
  • menjaga kelestarian alam, tidak merusak tanaman
  • tidak mengeluh
  • senantiasa merasa besar hati dalam segala hal
  • tidak berkecil hati dengan keadaannya
  • suka memberi atau membantu sesama
  • senantiasa berterima kasih jika menerima tunjangan
C. Berdoa Sebelum dan Sesudah Melakukan Kegiatan

Indikator evaluasi :
  • perilaku yang menunjukkan selalu berdoa sebelum atau sesudah melakukan tugas atau pekerjaan,
  • berdoa sebelum makan
  • berdoa saat pelajaran selesai
  • mengajak sahabat berdoa dikala memulai acara
  • mengingatkan sahabat untuk selalu berdoa,
D. Toleransi dalam Beribadah

Indikator penilaian :
  • langkah-langkah yang menghargai perbedaan dalam beribadah
  • menghormati sahabat yang berlawanan agama
  • berteman tanpa membedakan agama
  • tidak mengganggu sobat yang sedang beribadah
  • menghormati hari besar keagamaan lain
  • tidak menjelekkan aliran agama lain.
Penilaian sikap pada KI-2 beserta indikator-indikatornya yang mampu dikembangkan oleh sekolah sebagai berikut :

A. Jujur

Indikator evaluasi :
  • tak mauberbohong atau tidak menyontek,
  • mengerjakan sendiri peran yang diberikan guru, tanpa menggandakan peran orang lain
  • melakukan soal penilaian tanpa menjiplak
  • mengatakan dengan bekerjsama apa yang terjadi atau yang dialaminya dalam kehidupan sehari-hari
  • mau mengakui kesalahan atau kekeliruan
  • mengembalikan barang yang dipinjam atau didapatkan
  • mengemukakan pertimbangan sesuai dengan apa yang diyakininya, walaupun berlainan dengan pendapat sobat
  • mengemukakan ketidaknyamanan belajar yang dirasakannya di sekolah
  • membuat laporan aktivitas kelas secara terbuka (transparan),
B. Disiplin

Indikator penilaian :
  • mengikuti peraturan yang ada di sekolah
  • tertib dalam melaksanakan peran
  • hadir di sekolah sempurna waktu
  • masuk kelas sempurna waktu
  • memakai pakaian seragam lengkap dan rapi
  • tertib mentaati peraturan sekolah
  • melakukan piket kebersihan kelas
  • mengumpulkan peran/pekerjaan rumah tepat waktu
  • menjalankan peran/pekerjaan rumah dengan baik
  • membagi waktu mencar ilmu dan bermain dengan baik
  • mengambil dan mengembalikan peralatan berguru pada tempatnya
  • tidak pernah telat masuk kelas.
C. Tanggung Jawab

Indikator penilaian :
  • menuntaskan tugas yang diberikan
  • mengakui kesalahan
  • melakukan tugas yang menjadi kewajibannya di kelas mirip piket kebersihan
  • melakukan peraturan sekolah dengan baik
  • menjalankan tugas/pekerjaan rumah sekolah dengan baik
  • menghimpun peran/pekerjaan rumah tepat waktu
  • mengakui kesalahan, tidak melemparkan kesalahan terhadap sahabat
  • ikut serta dalam aktivitas sosial di sekolah
  • menawarkan prakarsa untuk menangani dilema dalam kelompok di kelas/sekolah
  • membuat laporan setelah akhir melakukan acara.
D. Santun

Indikator penilaian :
  • menghormati orang lain dan menghormati cara bicara yang tepat
  • menghormati guru, pegawai sekolah, penjaga kebun, dan orang yang lebih renta
  • mengatakan atau bertutur kata halus tidak agresif
  • berpakaian rapi dan patut
  • dapat mengatur emosi dalam menghadapi masalah, tidak murka-murka
  • mengucapkan salam saat berjumpa guru, sahabat, dan orang-orang di sekolah
  • memperlihatkan tampang ramah, dekat, dan tidak cemberut
  • mengucapkan terima kasih bila menerima pertolongan dalam bentuk jasa atau barang dari orang lain.
E. Peduli

Indikator evaluasi :
  • ingin tahu dan ingin membantu teman yang kesusahan dalam pembelajaran, perhatian terhadap orang lain
  • ikut serta dalam acara sosial di sekolah, misal: menghimpun bantuan untuk membantu yang sakit atau kemalangan
  • meminjamkan alat terhadap teman yang tidak membawa/mempunyai
  • membantu sobat yang mengalami kesulitan
  • mempertahankan keasrian, keindahan, dan kebersihan lingkungan sekolah
  • melerai sobat yang bertikai (berantem)
  • menjenguk sobat atau guru yang sakit
  • memberikan perhatian terhadap kebersihan kelas dan lingkungan sekolah.
F. Percaya diri

Indikator penilaian :
  • berani tampil di depan kelas
  • berani mengemukakan pertimbangan
  • berani mencoba hal gres
  • mengemukakan pendapat terhadap sebuah topik atau persoalan
  • mengajukan diri menjadi ketua kelas atau pengelola kelas yang lain
  • mengajukan diri untuk mengerjakan peran atau soal di papan tulis
  • menjajal hal-hal gres yang bermanfaat
  • mengungkapkan kritikan membangun kepada karya orang lain
  • memberikan argumen yang kuat untuk menjaga pendapat
3. Merancang aktivitas pembelajaran yang mampu menimbulkan perilaku yang telah
diputuskan.

Karena KI-1 dan KI-2 bukan ialah hasil pembelajaran langsung, maka perlu
mendesain pembelajaran sesuai dengan tema dan sub tema serta KD dari KI-3 dan KI-4. Dalam pembelajaran, memungkinkan munculnya perilaku yang mampu dikembangkan dalam pembelajaran. Hal ini dimaksudkan bahwa penilaian sikap
ialah pembinaan perilaku sesuai kebijaksanaan pekerti dalam rangka pembentukan
abjad siswa

Setelah memilih tindakan penyusunan rencana, guru merencanakan format pengamatan yang mau digunakan berbentuklembar pengamatan atau jurnal. Indikator yang sudah dirumuskan dipakai selaku pola guru dalam membuat lembar observasi atau jurnal.

1. Observasi

Instrumen yang dipakai ialah format pengamatan yang berbentukmatriks yang mesti diisi oleh guru menurut hasil pengamatan dari perilaku peserta bimbing dalam satu semester.

2. Penilaian diri

Penilaian diri ialah bentuk penilaian dengan cara meminta penerima ajar untuk mengemukakan keunggulan dan kelemahan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi. Penilaian persepsi diri digunakan untuk mencocokkan pandangan diri penerima ajar dengan realita yang ada. Instrumen yang
dipakai berbentuklembar evaluasi diri. Penilaian diri akan diperlukan cuma sebatas konfirmasi bila diharapkan guru.

3. Penilaian Antar sobat

Penilaian antar sahabat merupakan bentuk penilaian dengan cara meminta peserta ajar untuk saling menilai terhadap perilaku dan sikap keseharian antar sobat. Penilaian antar sobat digunakan untuk mencocokkan persepsi diri akseptor asuh dengan pandangan temannya serta kenyataan yang ada dan berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap penilaian yang dijalankan oleh guru.

Ikuti BlogPendidikan.net pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan info terupdate tentang guru dan pendidikan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Sumber https://www.blogpendidikan.net/

Thanks for reading Langkah-Langkah Evaluasi Sikap Dan Indikator Evaluasi

Related Posts

Your Comments

No comments:

Post a Comment

Labels

Labels

Labels

Copyright © 2025 Blog Pendidikan. All rights reserved. Template by CB Blogger