Tuesday, September 28, 2021

Menguasai Keterampilan Membimbing Dan Mengajar Kalangan Kecil Dan Individual

September 28, 2021
Menguasai Keterampilan Membimbing dan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan Menguasai Keterampilan Membimbing dan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan

BlogPendidikan.net
- Penting bagi guru dalam proses pembelajaran menguasai keterampilan membimbing dan mengajar kalangan kecil dan individual. Membimbing golongan diskusi kelompok kecil juga memiliki teknik tersendiri supaya diskusi mampu berjalan dengan baik. Begitu juga dalam hal mengajar kalangan kecil dan individual mempunyai teknik tersendiri, dan kesemuanya itu mesti dikuasai oleh guru.

Keterampilan mengajar merupakan kompetensi profesional yang cukup kompleks, sebagai integrasi dari banyak sekali kompetensi guru secara utuh dan menyeluruh. Seperti yang dikutip oleh E. Mulyasa, Turney mengungkapkan delapan keterampilan mengajar yang sungguh berperan dan memilih mutu pembelajaran, yaitu kemampuan bertanya, memberi penguatan, menyelenggarakan kombinasi, menjelaskan, membuka dan menutup pelajaran, membimbing diskusi golongan kecil, mengelola kelas, serta mengajar kalangan kecil dan perorangan. Setiap keahlian mengajar mempunyai unsur dan prinsip-prinsip dasar tersendiri.

Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil

Diskusi golongan ialah suatu proses yang terstruktur dan melibatkan sekelompok orang dalam interaksi tatap tampang untuk mengambil kesimpulan dan memecahkan problem.

Hal-hal yang perlu diamati dalam membimbing diskusi yakni selaku berikut :
  1. Memusatkan perhatian akseptor asuh pada tujuan dan topic diskusi
  2. Memperluas dilema atau urunan pendapat
  3. Menganalisis pandangan penerima latih
  4. Meningkatkan partisipasi penerima ajar
  5. Menyebarkan potensi berpartisipasi
  6. Menutup diskusi
Agar proses diskusi golongan kecil berjalan dengan baik dan efektif terdapat beberapa kemampuan yang harus dikuasai oleh pemimpin diskusi, selaku berikut :

1. Memusatkan perhatian, yang dapat dipakai dengan cara:

a. Merumuskan tujuan diskusi secara jelas
b. Merumuskan kembali duduk perkara, bila terjadi penyimpangan
c. Menandai hal-hal yang tidak relevan dengan topik diskusi
d. Merangkum hasil pembicaraan.

2. Memperjelas dilema atau urutan usulan lewat:

a. Menguraikan kembali dan merangkum pendapat penerima
b. Mengajukan pertanyaan kepada seluruh anggota kelompok ihwal usulan setiap anggota.

3. Menguraikan setiap gagasan anggota kalangan

4. Meningkatkan urunan penerima didik dengan cara:

a. Mengajukan pertanyaan kunci yang menantang
b. Memberikan teladan secara tepat
c. Menghangatkan situasi dengan pertanyaan yang memanggil perbedaan usulan.
d. Memberikan waktu berfikir
e. Mendengarkan dengan sarat perhatian

5. Menyebarkan kesempatan berpartisipasi, lewat:

a. Memancing pendapat peserta yang kurang ikut serta
b. Memberikan peluang pertama kepada penerima yang kurang berpartisipasi.
c. Mencegah terjadinya monopoli obrolan
d. Mendorong penerima didik untuk mengomentari pertimbangan temannya
e. Meminta pendapat akseptor bimbing saat terjadi kebuntuan

6. Menutup aktivitas diskusi, dengan cara:

a. Merangkum hasil diskusi
b. Tindak lanjut
c. Menilai proses diskusi yang telah dilakukan

Beberapa hal yang perlu disediakan guru, supaya diskusi golongan kecil mampu digunakan secara efektif dalam pembelajaran adalah:

a. Topik yang cocok.
b. Pembentukan golongan yang secara sempurna.
c. Pengaturan tempat duduk yang memungkinkan semua peserta latih dapat
ikut serta secara aktif

Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan

Keterampilan mengajar kalangan kecil adalah kesanggupan guru melayani aktivitas penerima ajar dalam mencar ilmu secara kalangan dengan jumlah penerima latih berkisar antara 3 hingga 5 orang atau paling banyak 8 orang untuk setiap kelompoknya. 

Sedangkan kemampuan dalam pengajaran individual atau pengajaran individual yakni kemampuan guru dalam memilih tujuan, bahan asuh, prosedur dan waktu yang digunakan dalam pengajaran dengan memperhatikan tuntutan-permintaan atau perbedaan-perbedaan perorangan peserta ajar.

Komponen kemampuan mengajar kalangan kecil dan perseorangan, antara lain, yaitu selaku berikut :

1. Keterampilan mengadakan pendekatan langsung

Guru memperlihatkan kehangatan dan kepekaan terhadap keperluan dan sikap murid, lalu menyimak dengan penuh simpati atas ide yang dikemukakan murid. 

Dalam melakukan pendekatan langsung terhadap murid, guru merespons secara aktual pendapat murid, membangun kekerabatan berdasarkan rasa saling yakin, memberikan bahwa guru siap untuk menolong, serta memiliki kesediaan untuk mendengar ungkapan hati murid dengan sarat
pemahaman. 

Guru harus berusaha mengendalikan suasana sehingga murid merasa aman, terbantu, dan bisa mendapatkan pemecahan dilema yang dihadapinya. Usahakan supaya murid merasa nyaman dalam aktivitas pembelajaran.

2. Keterampilan mengorganisasikan aktivitas pembelajaran

Dalam mengorganisasikan acara pembelajaran, guru memperlihatkan orientasi umum kepada murid ihwal tujuan, peran, dan cara mengerjakannya. Guru juga menciptakan kombinasi acara untuk menghalangi timbulnya rasa bosan murid dalam
belajar. 

Bila kelas memerlukan pembentukan kalangan, guru diharapkan membentuk kelompok yang tepat. Bila proses pembelajaran memerlukan kerjasama dengan kegiatan yang lain, guru dituntut lebih singkat mengoordinasikan kegiatan antara yang satu dan yang lain. 

Agar proses pembelajaran sukses, guru diharapkan dapat membagi perhatian pada aneka macam tugas dengan keperluan murid. Bagian penting lainnya dalam mengorganisasikan acara pembelajaran yakni mengakhiri aktivitas pada titik yang direncanakan.

3. Tidak semua murid mampu belajar dengan baik

Oleh alasannya itu, keahlian guru untuk menangani duduk perkara itu sangat diharapkan. Guru perlu memiliki kemampuan membimbing dan memberi akomodasi belajar sehingga mampu memberi penguatan secara sempurna. Dalam hal itu, guru melakukan supervisi proses awal dan melakukan supervisi proses
lanjut, serta melaksanakan supervisi pemaduan.

4. Keterampilan mendesain dan melaksanakan kegiatan pembelajaran itu ialah untuk :

a. menolong murid memutuskan tujuan mencar ilmu,
b. mendesain kegiatan mencar ilmu,
c. bertindak sebagai penasihat murid, dan
d. membantu murid menganggap kemajuan belajarnya sendiri.

Ikuti BlogPendidikan.net pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan informasi terupdate tentang guru dan pendidikan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Sumber https://www.blogpendidikan.net/

Thanks for reading Menguasai Keterampilan Membimbing Dan Mengajar Kalangan Kecil Dan Individual

Related Posts

Your Comments

No comments:

Post a Comment

Labels

Labels

Labels

Copyright © 2025 Blog Pendidikan. All rights reserved. Template by CB Blogger