BlogPendidikan.net - Dalam proses pembelajaran daring yang dikerjakan guru, yang menuntut kreatifitas guru dalam proses pembelajaran daring. Siswa sebagai sarana kawasan penerima pesan dari guru tentunya juga mesti konsisten juga dalam proses pembelajaran. Karena guru juga dituntut dengan menunjukkan laporan aktivitas hasil berguru daring terhadap pimpinannya, maka harus ada koordinasi yang baik antara guru dan siswa dalam pembelajaran daring.
Salah satu kewajiban guru selama melakukan peran dinas di rumah/daerah tinggal yakni menyusun Laporan Pembelajaran Jarak Jauh. Pembelajaran jarak jauh (distance learning) yang dilakukan guru ini untuk memperlihatkan akses pembelajaran yang tidak terbatas ruang dan waktu terhadap penerima ajar selama diberlakukannya kurun darurat Covid-19.
Penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh ini sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID- 19).
Pembelajaran jarak jauh tersebut mampu dikerjakan secara daring (dalam jaringan), sehingga peserta asuh mampu mengakses bahan dan sumber pembelajaran tanpa batas-batas waktu dan kawasan.
Kegiatan pembelajaran secara daring ini akan mendukung proses pembelajaran jarak jauh dan mempermudah dalam penyebaran bahan terhadap penerima latih. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang dijalankan meliputi kegiatan penyampaian bahan, penugasan, dan evaluasi.
Pengertian Pembelajaran Daring
Pemanfaat teknologi dan komunikasi di indonesia kian marak digunakan dalam pembelajaran di sekolah terlebihnya dimasa pandemi Covid-19 mengenang banyaknya aktifitas pembelajaran yang berbasis daring yang memakai jaringan internet sebagai alat bantu dalam aktivitas pembelajaran antara guru dengan siswa.
Pembelajaran daring intinya merupakan pembelajaran yang dijalankan secara virtual lewat aplikasi yang tersedia namun pembelajaran daring mesti tetap harus memperhatikan kompetensi yang
akan diajarkan. Pendidik mesti menyadari bahwa pembelajaran daring memiliki sifat yang komplek alasannya melibatkan aspek pedagogis, psikologis dan didaktif secara serentak.
Menurut (Mulyasa). Dalam proses pembelajaran daring yang dipraktekkan condong pada bentuk penunjukkanvia aplikasi tertentu pada menggunakan komputer dan handpone. Peserta latih diberikan peran-peran untuk dituntaskan dengan dibantu oleh orangtua kemudian dikoreksi oleh guru sebagai bentuk penilaian dan diberikan komentar selaku bentuk evaluasi.
Untuk artikel berikut BlogPendidikan.net akan membagikan acuan format laporan acara pembelajaran daring yang dijalankan setiap hari, contoh ini yakni selaku bahan acuan Anda dalam membuat laporan pembelajaran daring. Adapun isi didalamnya bisa Anda udah sesuai kebutuhan Anda.
Ikuti BlogPendidikan.net pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan gosip terupdate perihal guru dan pendidikan). Klik tanda ☆ (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.
Sumber https://www.blogpendidikan.net/
Thanks for reading Acuan Format Laporan Pembelajaran Daring
No comments:
Post a Comment